Home / Belajar Menulis Blog / Cara Saya Mendapatkan Ide Menulis

Cara Saya Mendapatkan Ide Menulis

Sebagai penulis artikel, saya harus terus mendapatkan ide menulis. Dan sayangnya, terkadang stuck. Apalagi jika ada pesanan artikel yang topiknya sangat umum.

Contohnya saja sekarang ini saya sedang mengejarkan order artikel mengenai “Cara Make Up Sederhana” Dan ada lagi 10 keyword sejenis. Sudah banyak artikel yang membahas tentang hal tersebut dan kemungkinan isinya sama.

Apalagi jika saya dapat order artikel mengenai cara menurunkan berat badan. Sudah ada ribuan bahkan jutaan artikel yang membahas tentang hal tersebut.

Tantangannya sama. Bagaimana artikel yang saya buat bisa unik. Kalau orginal, saya tidak yakin karena bagaimana pun juga saya butuh referensi. Nah, artikel yang unik itu yang menjadi poin terpenting.

daftar harga jasa penulisan artikel

Disclaimer dulu

Tentu setiap orang memiliki cara sendiri bagaimana mendapatkan ide menulis yang unik. Dan setiap penyedia jasa penulisan artikel memiliki cara sendiri. Yang saya tuliskan kali ini hanya cara saya pribadi dalam mendapatkan ide menulis sehingga artikel yang saya produksi unik. Jadi, bukan berarti cara ini harus diterapkan.

Jadi, langsung ke pokok persolan yaitu bagaimana cara saya mendapatkan ide menulis. Saya akan buatkan poin-poin singkat saja.

  1. Cari Di Forum

Setelah saya mendapatkan list keyword dari klien, hal pertama yang saya lakukan adalah pergi ke forum. Contohnya, jika keyword tentang cara menurunkan berat badan, maka saya cari forum yang membahas tentang hal tersebut.

Apa yang saya cari? Saya mencari hal yang paling banyak dibahas. Mungkin saja ada kontroversi mengenai produk tertentu atau olahraga tertentu. Nah ini bisa saya jadikan topik untuk dibahas di dalam artikel.

contohnya seperti di bawah ini. Lihat yang saya beri kotak merah. Di sana ada ibu-ibu yang tanya di forum mengenai cara menurunkan berat badan pasca melahirkan. Nah, buka saja forum tersebut. Pasti banyak ide yang bisa didapatkan sebagai topik menulis artikel di blog Anda.

cari ide menulis artikel melalui forum

  1. Berita Terbaru

Selain cari topik di forum, saya bisa juga cari berita terbaru yang terkait dengan keyword. Hanya saja, ini tidak selalu saya jadikan topik tapi hanya pembukaan untuk sebuah artikel. Berita yang baru bisa membuat orang lebih attention terhadap isi dari artikel yang akan di bahas nantinya. Jadi, di awal artikel, ada cerita tentang berita terbaru mengenai topik yang akan dibahas.

Dan kalau boleh jujur, ini menurut saya cara yang paling tepat untuk mencuri perhatian pembaca. Tahu kan kesan pertama itu penting. Jika Anda berhasil membuat orang suka dengan pembukaan artikel, ia juga akan dengan senang hati meneruskan membaca artikel sampai akhir.

Contohnya, tadi pagi saya mengerjakan order artikel mengenai alat memanah. Karena artikel ini akan diposting di situs utama dan tujuannya untuk jualan alat memanah, saya harus sesuaikan dengan isinya. Kebetulan yang punya toko online alat memanah tersebut berasal dari Jawa Barat, lebih tepatnya Sukabumi. Dan beruntung ada berita tentang Jawa Barat.

Nah, berita tersebut bisa saya gunakan sebagai pembukaan di artikel. Dan selanjutnya saya bisa tulis artikel dengan topik manfaat memanah untuk anak-anak. Tentunya masih banyak topik lagi yang bisa dibahas juga seperti tipe alat panahan khusus untuk anak-anak, teori memanah yang bisa diajarkan kepada anak-anak, dan lain sebagainya.

  1. Memanfaatkan Search Engine

Bisa dikatakan ini cara yang paling mudah dilakukan, yaitu mencari artikel apa saja yang muncul di page one mesin pencari Google. Yang muncul menunjukkan bahwa artikel tersebut yang paling banyak dicari orang meskipun ini bukan faktor utamanya.

Hanya saja, cara yang satu ini memiliki kelemahan. Artikel cenderung akan memiliki isi yang sama dengan artikel-artikel yang ada di page one tersebut.

Tapi, ada solusinya. Anda hanya perlu menggunakan informasi tersebut (artikel yang ada di page one) sebagai dasar untuk mencari topik. Selanjutnya, Anda cari informasi lagi di forum atau di news (berita).

Sebenarnya, saya ingin sekali membahas mengenai artikel yang unik. Tentu setiap klien yang order artikel ke jasa penulisan ini memiliki konten yang original dan unik. Menurut saya pribadi, kalau orginal sepertinya tidak mungkin kecuali kalau artikel tersebut benar-benar berdasarkan pengalaman pribadi. Contohnya saja artikel yang menjelaskan tentang pengalaman liburan di suatu tempat. Dengan menuliskan apa saja yang dialami saat liburan, artikel bisa menjadi sangat original.

Namun, bagaimana dengan kasus seperti saya sebagai penyedia jasa penulisan artikel? Hal tersebut sangat mungkin tapi sulit sekali. Bagamanapun juga, saya butuh referensi ketika menuliskan sebuah topik. Dan menuliskan artikel berdasarkan referensi bukan berarti tidak original. Itu menurut saya.

Yang terpenting bagaimana cara membuat artikel unik. Isi boleh sama tapi artikel benar-benar unik. Dalam hal ini, saya memiliki formulanya. InsyaAllah saya akan tuliskan di postingan selanjutnya mengenai cara membuat artikel unik.

About Teguh Riyanto

Tinggal di kota dingin Wonosobo. Menulis menjadi kegiatan yang dilakukan setiap hari
Scroll To Top