Home / Latest News / Catatan Seorang Penulis Konten: Kesalahan dalam Menulis Artikel SEO

Catatan Seorang Penulis Konten: Kesalahan dalam Menulis Artikel SEO

Saya sudah menjadi penulis konten atau content writer sekitar 3 tahun dan pernah melakukan kesalahan dalam menulis artikel SEO orderan dari client saya.

Sebelumnya, saya minta maaf terlebih dahulu kalau saya terkesan menggurui atau bagaimana dalam artikel yang saya tulis ini.

Tapi, sebenarnya ini hanya sharing saya saja di minggu malam ini. Tidak ada motivasi sama sekali untuk menggurui. Murni hanya ingin berbagi dan itupun sepanjang yang saya ketahui.

Apabila ada hal yang salah atau kurang tepat mengenai apa yang saya bahas di artikel ini, Anda  bisa kasih tahu saya via email jatengcontentwriter@yahoo.co.id atau chat langsung saja Fanpage Jateng Content Writer.

Saya memberi judul kesalahan dalam menulis artikel SEO. Ini murni dari saya sendiri sebagai penulis artikel.

Namun, setelah mengetahui kesalahan tersebut, tentu saja saya tidak melakukannya lagi. Setidaknya ada dua kesalahan yang dulu sekali pernah saya lakukan.

Penempatan Keyword

penulis konten bahasa Inggris

Dulu, awal saya menawarkan jasa penulis artikel, saya menempatkan banyak sekali keyword di artikel tersebut. Biasanya di awal setiap paragraf.

Ternyata, apa yang terjadi?

Artikel jadi terkesan kaku dan tidak enak tapi enek dibaca. Mungkin ada artikel yang masih enak dibaca karena kebetulan keywordnya pas untuk ditempatkan di posisi-posisi tersebut.

Selain kaku, ternyata Google juga tidak terlalu suka. Ada yang disebut dengan density. Density menyatakan presentasi keyword yang digunakan atau muncul di dalam artikel.

Jika terlalu banyak keyword yang dituliskan di dalam artikel, maka Google akan menganggap spam dan artikel tersebut tidak termasuk dalam kriteria artikel bagus atau SEO friendly.

Sebaliknya, jika keyword yang muncul tidak banyak, maka artikel tersebut bagus.

Berapa density yang bagus? Menurut beberapa pendapat pakar SEO, prosentasinya 1-3% saja.

Selain itu, setelah belajar dari Ultimate On Page SEO yang tulis oleh pakar SEO Syamsul Alam (ini adalah paduan utama saya belajar SEO Onpage dan juga panduan dalam menulis artikel), saya juga menyertakan keyword turunan.

Jadi, penempatan keyword yang harus tepat dengan density berkisar antara 1-3% dan juga menggunakan keyword turunan.

 

Tidak Memperhitungkan Flesch Score

jasa penulisan artikel SEO bahasa Inggris

Salah satu rujukan saya adalah Mas Syamsul Alam. “Target utama itu pembaca dan mereka itu manusia” Kira-kira itu nasehat yang selalu mengulang-ulang oleh Mas Alam di beberapa artikel yang dipublish di websitenya www.syamsulalam.net.

Fresch juga disebut readability score. Ini biasanya tool saya gunakan jika ada client yang memesan artikel SEO bahasa Inggris.

Dari namanya saja (readability score), Anda pasti sudah tahu tool ini untuk apa. Tool ini digunakan untuk menge-test seberapa readable sebuah artikel.

Semakin tinggi score-nya, otomatis artikel tersebut semakin mudah dibaca. Dan sebaliknya.

Ini study case saya sendiri dan mohon dikoreksi kalau salah. Saya pernah menulis artikel bahasa Inggris dengan banyak menggunakan idiom Inggris Amerika (karena pada waktu itu target pembacanya adalah orang Amerika).

Ternyata, readability score-nya rendah.

Setelah saya ubah dengan menggunakan bahasa biasa (tanpa menggunakan terlalu banyak idiom), readability score-nya tinggi.

Kemudian, saya (sendiri) menyimpulkan ternyata semakin simple bahasa yang digunakan readability score-nya semakin tinggi yang artinya artikel semakin mudah dibaca dan tentu saja semakin banyak orang yang merasa mudah dan paham memahami artikel tersebut.

Kira-kira begitu kesimpulan saya.

 

Untuk saat ini, saya hanya bisa sharing tentang kesalahan dalam menulis artikel SEO yang saya dulu sekali pernah saya lakukan sebagai seorang penulis artikel.

Sekali lagi, tidak ada niatan untuk menggurui karena tulisan saya ini sekedar apa yang saya ketahui.

Jika ada yang kurang tepat atau bahkan 100% salah, mohon saya dikasih tahu dengan cara mengirimkan email ke jetengcontentwriter@yahoo.co.id atau saya dikasih tahu melalui chat di fanpage Jateng Content Writer.

About admin

Scroll To Top