Jasa penulis artikel itu apa sih? Bagi para online marketer, affiliate marketer, dan pekerja online secara umum pasti tahu apa tugas penulis artikel atau content writer.

Ada dua istilah yang sering digunakan, yaitu [highlight]content writer[/highlight] dan [highlight]copywriter[/highlight]. Sekilas, keduanya sama tapi sebenarnya beda. Saya sudah menjelaskan di artikel sebelumnya tentang[highlight] perbedaan antara content writer dan copywriter[/highlight].

Yang jelas, keduanya harus mengetahui walaupun sedikit tentang SEO, target marketing, dan juga object yang dijelaskan pada artikel tersebut.

penulisan artikel seo

Apa enaknya sih jadi penulis artikel?

Menjadi penulis artikel memang tidak seperti para pegawai kantoran. Bila pegawai kantoran harus berpakaian rapi, penulis artikel masih memakai celana pendek dan T-Shirt gambar kartun kesukaan, lalu duduk di depan laptop. Saat pagi-pagi buta bergegas naik sepeda motor atau mobil lalu segera tancap gas ke kantor agar tidak terlambat, penulis artikel masih bermalas-malasan di tempat tidur, belum gosok gigi atau mencuci muka, kemudian menyalakan laptop dan terhubung internet. Meskipun berbeda 1800, kedua profesi tadi tetap sama, yaitu mengutamakan profesionalitas.

Jadi, meskipun bercelana pendek dan T-shirt, belum gosok gigi atau cuci muka, penulis artikel dituntut untuk tetap profesional. Terus, apakah pantas orang seperti ini disebut profesional? 😀 Sebenarnya seperti apakah penulis artikel profesional itu?

Merujuk dari kata profesional yang berarti memerlukan kepandaian khusus untuk melakukannya. Jadi seorang yang profesional di bidangnya berarti seseorang yang menawarkan layanan atau jasa sesuai dengan kemampuan dan kemahirannya. Seorang penulis artikel dikatakan profesional jika dia memiliki kemampuan dan kemahiran layaknya seorang penulis artikel.

Kemampuan dan kemahiran ini bisa dilihat dari beberapa hal:

1. Memahami Teknik Kepenulisan

Artikel yang telah diunggah ke internet akan dibaca oleh banyak orang. Setiap artikel pasti mengandung maksud dan tujuan yang tersusun dalam paragaraf. Agar pesan yang disampaikan bisa sampai kepada pembaca, artikel mesti memiliki teknik penulisan yang benar. Maka, dalam hal ini, ilmu ketatabahasaan (grammar) wajib dimiliki oleh tiap penulis artikel, baik yang berbahasa Indonesia, ataupun berbahasa Inggris. Teknik penulisan yang baik akan membuat artikel enak dibaca, dan pengunggah mendapatkan apa yang mereka inginkan.

2. Memahami Keinginan Pemesan

Pemesan artikel bisa dari kalangan blogger ataupun affiliate marketer. Dan ketika memesan aritkel ke seorang penulis artikel, mereka memiliki maksud tertentu terhadap artikel tersebut. Maka, melalui instruksi yang diberikan, penulis artikel profesional harus mengerti dan memahami keinginan blogger. Maka, penulis artikel harus berpengetahuan luas dan cepat belajar mengenai konten artikel sehingga artikel bisa sesuai pesanan.

3.Memahami Target dan Konten

Hubungannya dengan nomor dua, konten yang akan ditulis dan target pembaca harus dipahami terlebih dahulu. Target menjadi penting karena akan menentukan konten. Tanpa mengetahui target artikel, penulis akan sulit membuat artikel yang berkualitas dan tepat sasaran. Setelah dipahami, konten kemudian bisa ditentukan. Konten artikel bisa berupa memberikan informasi, membujuk (persuasive) atau mengiklankan (advertising). Penulis mesti memahami bagaimana menulis yang bersifat persuasif, informatif atau advertising. Target artikel akan menentukan bentuk gaya  dan sifat penulisan.

Nah, itulah PR yang harus dikerjakan para penulis artikel profesional. J Enak gak enak, kan? Karena banyaknya aspek yang dituntut, seorang penulis artikel profesional harus selalu belajar sehingga hasil artikel selalu berkualitas dan cocok dengan keinginan pemesan.

Nah, bagaimana sih cara menulis artikel yang bagus?

Sebelumnya, saya belum bisa menulis bagus dan saya masih belajar dengan salah satu praktisi marketing dan juga seorang copywriter handal, yaitu mas Syamsul Alam. Anda bisa berkenalan dengan beliau. Dia ramah sekali dan selalu memberitahu tentang SEO, apapun pertanyaan Anda. Kenalan saja langsung di facebook [highlight]Syamsul Alam[/highlight] atau langsung saja belajar di situs resmi beliau di [highlight]www.syamsulalam.net[/highlight].

 

Seorang penulis artikel itu tidak harus mampu menulis bagus, tapi juga tahu SEO. Oleh karena itu, saya berguru pada mas Alam yang selain copywriter handal, beliau juga praktisi internet marketing.

jasa penulis artikel SEO

Apa saja yang saya pelajari? Salah satunya ya bagaimana membuat artikel SEO. Saya akan mengupas sedikit tentang bagaimana membuat artikel SEO friendly. Sebenarnya, ulasan saya ini dibahas juga di ebook mas Syamsul Alam tentang [highlight]Ultimate On Page SEO[/highlight], yaitu bagaimana mendapatkan traffic hanya mengandalkan postingan artikel saja. Ingat, HANYA BERMODALKAN POSTINGAN ARTIKEL SAJA.

 

Untuk lebih lengkapnya, saya rangkumkan beberapa hal yang harus diketahui oleh penulis artikel SEO.

Membuat Postingan Dengan Kriteria Artikel SEO

Seperti apa sih kriteria artikel SEO itu? Ini adalah bahasan yang akan membukakan pintu untuk mendapatkan rangking tertinggi di google.

Memang bukan hanya mengenai artikel saja, namun masih banyak hal lagi yang perlu anda lakukan dalam meningkatkan rangking anda di google misalnya adalah dengan mendapatkan backlink yang berkualitas, dan masih banyak dukungan lainnya. Nah,saya  hanya akan membahas mengenai kriteria saja yang tentunya menjadi hal paling penting dalam memposting sebuah artikel agar dianggap lebih natural.

Panjang Pendeknya Sebuah Artikel

Kriteria artikel SEO juga berhubungan dengan panjangnya sebuah artikel yang akan anda posting dalam sebuah blog. Artikel yang terlalu pendek akan mempengaruhi rangking anda. Jadi, perlu anda garis bawahi jika anda memerlukan cara untuk membuat artikel anda lebih SEO.

Cara yang paling efektif untuk mendapatkan sinyal baik dari google adalah dengan membuat artikel dengan jumlah karakter diantara 500-1000 kata. Normalnya, artikel dengan panjang minimal 300 kata cukup memberikan anda kesempatan untuk meningkatkan kepercayaan mesin pencari pada artikel anda. Oleh karena itu, usahakan anda untuk membuat sebuah artikel dalam jumlah yang saya sebutkan di atas.

Keunikan Sebuah Artikel

Hal kedua yang perlu anda lakukan adalah dengan membuat sebuah artikel seunik mungkin. Disini, saya maksudkan supaya anda tidak membuat artikel dengan copy paste. Buatlah artikel anda sendiri dengan keyword yang anda telah riset sebelumnya. Usahakan jangan sampai membuat banyak hal yang akan mencederai artikel anda dengan mencopy milik orang lain.

Anda masih bisa membuat artikel dengan hal yang sama, namun perlu anda lakukan pengujian mengenai keaslian tulisan anda. Ya, keaslian berasal dari ide yang anda tuangkan dalam tulisan, dan ide tadi bisa anda cari dari beberapa referensi pilihan.

Internal Link Atau Inbound Link

Anda perlu membuat sebuah inbound link sebagai sebuah cara untuk mengaitkan dengan isi blog. Anda bisa mengaitkan dengan blog anda dengan membuat inbound link. Tapi perlu anda ingat juga, jangan terlalu banyak agar blog anda terlihat lebih original. Inbound link bisa anda buat di dalam artikel anda dengan jumlah 3-5 saja.

Menambahkan Bold Dan Cetak Miring Pada Kata

Artikel akan terlihat menarik google jika anda menggunakan bold dan cetak miring. Hal ini juga termasuk dalam kriteria artikel SEO yang akan membantu anda dalam menaikkan rangking blog anda. Dari penggunaan cara tersebut, kata yang anda cetak tebal dan miring akan dianggap google sebagai keyword anda, dan inilah yang akan membuatnya terlihat begitu alami.

Buatlah Artikel Yang Sesuai Dengan Judul

Artikel anda akan sangat informatif jika anda membuatnya sesuai dengan judul yang anda buat. Akan sangat tidak informatif jika anda membiarkan artikel anda tidak sesuai dengan judul, bisa jadi anda akan ditinggalkan pembaca anda yang telah bekerja keras untuk mendapatkan informasi dari tulisan anda.

Enak gak jadi penulis artikel?

jasa content writer atau penulis artikel

 

Kebanyakan orang yang terjun di bisnis online tidak sempat mengupdate website atau toko online yang mereka gunakan jualan. Itulah mengapa mereka berkerjasama dengan penulis artikel atau content writer. Ada banyak sekali penyedia jasa penulisan artikel yang bisa Anda pilih dengan harga dan layanan yang berbeda. Seperti Jateng Content Writer yang menyediakan artikel hanya dengan membayar 500.000 saja Anda mendapatkan 50 artikel. Itu adalah paket promo. Untuk daftar harga, Anda bisa lihat di daftar harga di situs ini.

 

Yang jelas, penulis artikel manapun harus mampu memproduksi artikel yang SEO friendly, unik, dan enak dibaca. Jadi, berminat untuk menjadi penulis artikel SEO? Atau menyerahkan update toko online pada ahlinya? Up to you.

 

The last, salam semangat 🙂

 

NB: Untuk update terbaru seputar Jateng Content Writer, harga paket promo artikel, dan info lainnya seputar bisnis online, Anda bisa subscribe atau like [highlight]fanpage JCW.[/highlight]

 

 


Teguh Riyanto

Tinggal di kota dingin Wonosobo. Menulis menjadi kegiatan yang dilakukan setiap hari