Sekarang, siapa saja sudah semakin dimanjakan ketika ingin punya mobil. Ada model pembayaran yang super ringan jika ingin beli mobil baru. Tapi, sejujurnya, model pembayaran seperti itu bukan solusi untuk bisa segera punya mobil. Bagi saya, itu justru membuka masalah baru, yaitu hutang. Anda bisa tidak setuju. Tapi, menurut saya, akan lebih baik jika bisa beli mobil cash walaupun itu mobil bekas. Toh sekarang sudah ada tempat jual beli mobil bekas murahAda banyak sekali pilihan mobil bekas yang menurut saya masih dalam kualitas yang bagus.

Kebanyakan orang yang sudah berkeluarga ingin sekali punya mobil. Apalagi jika perantau dan sudah punya anak kecil. Mobil seperti kebutuhan primer seperti untuk pulang ke kampung agar bisa membawa pulang si kecil kepada kakek dan nenek. Begitu pula yang saya rasakan.

Namun, lagi-lagi, saya tidak ingin punya masalah baru. Mobil bisa menyelesaikan satu masalah, yaitu transportasi ke kampung halaman. Tapi, saya tidak ingin punya masalah lain, yaitu hutang.

Itulah mengapa saya lebih memilih untuk memburu mobil bekas. Banyak dealer mobil bekas di sekitar sini. Namun, karena saya tidak mengerti mengenai otomotif, saya tidak mau pilih begitu saja. Karena bisa saja mobil yang terlihat masih bagus tapi ternyata mesinnya sudah kurang bagus.

review mobil bekas jateng content writer

Atau yang bikin khawatir lagi adalah masalah mobil curian. Banyak sekali kan kasus jual beli mobil curian. Pembeli bisa saja tidak tahu kalau mobil itu curian. Tapi ternyata nomor mesin di STNK beda dengan nomor di mesin.

Karena ketidaktahuan tersebut, sering saya tanya-tanya teman yang tahu mengenai otomotif. Tapi, saya juga cross check dengan cara mencari informasi di internet. Begitu juga mengenai harga. Misalnya saya ingin mencari mobil Avanza tahun tertentu. Saya cocokkan antara harga di sini dengan harga yang ditawarkan di internet. Setidaknya ini yang bisa saya lakukan untuk mengetahui berapa kisaran harga mobil bekas yang saya incar.

Barulah kemudian saya menemukan situs www.caroline-id.com Ini situs jual beli mobil bekas dengan cara yang unik. Modelnya penawaran. Jadi, jika ada mobil yang ingin Anda beli, tawar saja dengan harga tertentu. Anda akan berebut dengan penawar lainnya. Yang tertinggi, nanti yang mendapatkan mobil tersebut.

Saya rasa model seperti ini membuat harga mobil bekas fair. Tidak terlalu rendah sehingga merugikan penjual dan tidak terlalu tinggi sehingga merugikan pembeli. Harga ditentukan oleh pasar.

Sempat saya takut mengenai kualitas mobil yang ditawarkan di situs tersebut. Ternyata, situs tersebut juga menjadi penengah yang baik. Semua mobil diinspeksi terlebih dahulu baru kemudian ditentukan harga terendah yang bakal di publish di situs. Fair enough, right?

Tapi, sekali lagi, ini hanya opini saya saja. Saya tetap masih berburu mobil bekas. Selain agar bisa beli cash (karena budget super minim hehehehe), mobil bekas juga biasanya pajaknya lebih murah. Save much more money, kan? Yang penting, kebutuhan transportasi untuk keluarga sudah terpenuhi.


Teguh Riyanto

Tinggal di kota dingin Wonosobo. Menulis menjadi kegiatan yang dilakukan setiap hari