Home / Latest News / Pentingnya Menentukan Angle dalam Proses Membuat Artikel
Pentingnya Menentukan Angle dalam Proses Membuat Artikel

Pentingnya Menentukan Angle dalam Proses Membuat Artikel

Banyak sekali teman yang bertanya bagaimana cara menulis artikel. Mereka tahu setiap hari saya harus memproduksi banyak artikel. Apalagi ketika saya bekerjasama dengan sebuah digital agency. Belasan artikel dengan topik yang hampir sama harus saya buat. Lalu, bagaimana bisa memproduksi banyak artikel dengan cepat?

Pertanyaan semacam itu sering ditanyakan oleh teman-teman saja. Dan ini rahasianya. Setidaknya ini apa yang saya lakukan selama ini. Bukan yang paling tepat karena saya yakin penulis artikel lainnya menerapkan cara yang beda-beda.

Jadi, saya disclaimer dulu bahwasannya cara yang saya lakukan ini belum tentu tepat dan bagus untuk diterapkan orang lain.

Yang saya lakukan adalah menentukan angle. Setidaknya ini yang membuat artikel yang kita produksi itu original.

cara menulis artikel unik

Sebenarnya, saya tidak begitu suka dengan istilah artikel original. Mana ada sih artikel yang original. Bagaimanapun juga, penulis artikel itu pasti membutuhkan referensi, bukan? Itu semacam ide yang didapatkan sebelum menulis sebuah artikel. Dan kalau tulisan tersebut berdasarkan referensi, apakah itu dikatakan original?

Kalau mau original, seharusnya saya harus menuliskan hal yang tidak pernah dituliskan oleh orang lain. Ini mungkin dilakukan tapi sulit.

Jujur, saya lebih suka menggunakan artikel unik. Jika Anda ingin menerapkan cara yang selama ini saya lakukan, silakan baca artikel saya sebelumnya mengenai skema menulis artikel unik.

Dalam kasus saya sebagai penulis artikel, selama ini tetap saja saya mencari ide dari berbagai referensi. Kemudian, yang menjadikan artikel beda itu angle atau sudut pandang.

Contohnya seperti ini. Saat ini, saya mendapatkan project dari salah satu digital agency untuk menulis artikel Off Page mengenai kesehatan kehamilan. Saya bisa saja memilih untuk menulis artikel lebih spesifik mengenai anemia saat hamil tua.

Saya akan mencari referensi mengenai anemia saat hamil itu. Kira-kira apa yang Anda dapatkan ketika search di Google dengan keyword anemia saat hamil tua? Artikel yang page one kebanyakan bercerita tentang penyebab anemia saat hamil dan cara mengatasi anemia saat hamil.

Saya tidak akan menuliskan dari angle yang sama seperti website yang ada di page one tersebut. Tetapi, saya bisa menulis artikel dengan angle yang berbeda. Judul artikel bisa seperti berikut ini?

  • Anemia Bisa Saja Dialami oleh Ibu Hamil Muda Lho
  • Apakah Wajar Ibu Hamil Tua Mengalami Anemia
  • Anemia Saat Hamil Tua Bukan Hal Yang Menakutkan

Dan masih banyak lagi. Dengan melihat dari angle yang berbeda, setidaknya, sekali lagi saya mau bilang, setidaknya artikel yang Anda tulis itu BEDA dengan artikel lainnya.

Tentunya bukan hanya angle saja yang menentukan artikel unik atau tidak. Ada juga yang lain, seperti gaya bahasa, tone, cara elaborasi atau cara penyampaian.

Sepertinya itu yang selama ini saya lakukan. Semoga bermanfaat.

Salam semangat!

About admin

Scroll To Top