Home / Latest News / Dengan Skema Ini, Anda Tahu Bagaimana Cara Membuat Artikel Unik
Dengan Skema Ini, Anda Tahu Bagaimana Cara Membuat Artikel Unik

Dengan Skema Ini, Anda Tahu Bagaimana Cara Membuat Artikel Unik

Saya dituntut untuk memproduksi artikel yang unik. Itu sudah menjadi tugas seorang jasa penulis artikel. Dan sebenarnya siapa saja bisa mempelajari tentang bagaimana cara membuat artikel unik.

Di artikel sebelumnya, saya sudah membahas mengenai bagaimana langkah apa saja yang saya lakukan untuk mendapatkan ide menulis. Jika Anda belum baca, silakan cek postingan sebelumnya dengan judul Cara Saya Mendapatkan Ide Menulis.

Setelah dapat ide, langkah selanjutnya adalah menuliskan sebuah artikel yang unik.

Sebelumnya, saya kurang tahu apa yang dimaksud dengan artikel original. Apakah itu artikel yang benar-benar tidak ada kesamaan dengan artikel yang lain. Jika itu definisinya, sepertinya tidak mungkin. Bisa dipastikan tetap ada yang sama.

Anda bisa ketik keyword apa saja dan cari di Google Search seperti bagaimana cara optimasi SEO. Pasti isinya ada yang sama, kan?

Maka dari itu, menurut pendapat saya pribadi, artikel original itu ya artikel yang ditulis secara manual dengan ide yang fresh. Nah, kata kuncinya adalah ide yang fresh. Ide yang fresh ini bisa berupa cara penyajiannya yang menarik dan unik.

Di sinilah saya bermain. Saya memainkan sebuah cara bagaimana membuat artikel unik, yaitu artikel yang menarik untuk dibaca. Hingga akhirnya artikel yang saya produksi bisa saja memiliki isi yang sama tapi tetap beda karena penyajiannya beda.

Contoh sederhana begini. Setiap orang bisa membuat nasi goreng karena sudah ada daftar bahan yang harus digunakan. Tapi rasa dan tampilan saat disajikan pasti berbeda antara yang baru belajar memasak nasi goreng dengan chef profesional.

Tak perlu terlalu panjang lebar lagi, saya akan jelaskan bagaimana saya membuat artikel unik.

Pertama, cari perhatian. Artinya, artikel harus diawali dengan hal yang membuat orang tertarik. Biasanya, saya awali artikel dengan fakta menarik.

Misalkan saja Anda ingin menulis artikel tentang flashlight karena Anda ingin jualan produk flashlight (senter). Anda bayangkan siapa target market Anda. Kemungkinan besar mereka yang suka hiking dan camping. Nah, di sini Anda bisa cerita tentang pengalaman hiking di malam hari.

Ini hanya contoh saja. Anda bisa kembangkan sendiri. Misalkan saja Anda bisa cari berita mengenai pendaki gunung yang tersesat. Yang saya beri kotak merah di bawah ini sepertinya cocok untuk dipilih.

cara membuat artikel unik

Kedua, tuliskan topik utama dengan bahasa Anda sendiri. Setelah membuat pembukaan, Anda bisa masuk ke proses menjelaskan ide utama di artikel. Agar beda dengan artikel lainnya, tuliskan dengan Bahasa Anda sendiri.

Ini yang menurut saya sangat penting. Makanya, saya selalu cerewet dengan klien yang order artikel. Saya harus bertanya banyak hal seperti tone bahasa yang mereka inginkan. Ini harus saya sesuaikan dengan yang mereka inginkan seperti penggunaan kata ganti orang apakah menggunakan Anda, kamu, atau panggilan khusus lainnya. Dengan demikian, setiap blog memiliki karakteristik tersendiri. Bisa saja isi kontennya sama tapi penyajiannya serta tone yang digunakan beda membuat blog tersebut memiliki ciri khas tersendiri.

Jujur saya suka sekali dengan gaya bahasa di Mojok.co. Gaya bahasanya sudah saya khas Mojok yang kritis tapi renyah karena terkadang menggunakan gaya bahasa sarkasme. Tetapi, sekali lagi, bukan berarti gaya bahasa harus seperti di media Mojok. Gaya bahasa sangat menentukan keunikan dari artikel. Untuk itu, Anda harus tentukan gaya bahasa blog Anda itu seperti apa.

Contohnya saja posting seperti di bawah ini yang sebenarnya me review dan membandingkan merk sebuah mobil. Gaya bahasanya asyik.

cara membuat artikel yang unik

Ketiga, memberikan kesan di akhir artikel. Ini biasanya yang saya lakukan jika artikel bertujuan untuk diposting di website yang di monotize untuk adsense. Beda lagi jika artikel di posting untuk tujuan jualan. Harus ada soft selling nya di akhir.  Berbeda juga caranya membuat artikel untuk tujuan yang lain lagi.

Tapi, ada tren terbaru mengenai cara membuat content marketing yang efektif untuk jualan. Saya InsyaAllah akan ulas di postingan berikutnya mengenai cara membuat content marketing.

 

About admin

Scroll To Top