Banyak sekali orang yang bertanya kepada saya bagaimana agar bisa mendapatkan ide menulis untuk blog. Saya mengerti sekali beberapa orang bingung ketika berada di depan laptop untuk membuat artikel yang bakal di posting di blog mereka. Dan sebenarnya hal yang sama pula pernah saya alami

Hingga akhirnya saya menemukan teknik sederhana, berdasarkan pengalaman sendiri. Mungkin Anda yang suka ngeblog bisa meniru cara ini.

Sebelumnya, saya mau disclaimer dulu ya. Ini bukan cara menulis artikel SEO. Artikel ini lebih membahas mengenai bagaimana cara agar Anda bisa menulis banyak artikel untuk blog Anda. Dalam artian Anda mendapatkan ide segar yang jumlahnya banyak sehingga blog Anda informative, menarik, dan selalu update. Akan tetapi, ini tidak pasti selaras dengan jumlah visitor atau earning adsense Anda ya. Saya tidak sedang membahas bagaimana membuat artikel SEO agar muncul di halaman pertama Google dan mendatangkan banyak visitor.

Saya percaya jika Anda membuat tulisan yang bagus dan banyak orang suka, orang akan datang lagi dan lagi mengunjungi blog Anda. Jika Anda setuju, Anda bisa membaca penjelasan saya selanjutnya.

Persiapan Sebelum Mulai Menulis Artikel Untuk Blog

Kuncinya ada pada ide. Jika Anda menemukan ide, maka Anda akan sangat mudah untuk membuat artikel untuk blog. Pertanyaanya sekarang adalah bagaimana Anda mendapatkan ide? Tentu saja Anda harus banyak baca serta berinteraksi dengan banyak orang, terutama pembaca blog Anda atau orang-orang yang sekiranya suka dengan niche yang Anda pilih untuk blog Anda.

Contoh sederhana seperti ini. Di blog Jateng Content Writer milik saya ini, saya tidak hanya ingin menjadikan blog ini sebagai media promosi jasa penulisan artikel. Meskipun sebenarnya saya sangat butuh untuk drive pengunjung agar mereka akhirnya mau order artikel ke saya.

Lebih dari itu, saya ingin sekali berbagi pengalaman mengenai bagaimana cara menulis artikel di blog. Dengan harapan, ketika ada orang yang mulai ngeblog, mereka punya pengetahuan sedikit dari pengalaman saya sebagai content writer atau penulis artikel.

Apakah hanya dengan membaca Anda langsung bisa mendapatkan ide? Belum tentu. Kalaupun mendapatkan ide, harus dipastikan juga bahwa hasil artikel yang Anda buat tidak sama dengan referensi yang Anda. Ini berhubungan dengan teknik curation yang sebenarnya sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya. Anda perlu baca dulu mengenai pentingnya menentukan angle dalam proses membuat artikel. Jadi, meskipun Anda mendapatkan referensi sebelum menulis, Anda bisa tetap memproduksi artikel yang unik dan beda dengan referensi yang Anda dapatkan.

Ok, agar Anda lebih mudah membahami tentang bagaimana cara mendapatkan ide menulis artikel untuk blog, berikut ini langkah-langkah yang biasa saya gunakan.

  1. Menentukan Keyword

Keyword ini saya jadikan acuan ketika ingin membahas sebuah topik. Dalam kaca mata SEO, keyword ini ditarget dengan harapan artikel banyak pengunjungnya. Terserah bagaimana Anda memandang. Keduanya benar. Namun, karena fokusnya kali ini untuk mendapatkan ide, maka keyword saya jadikan acuan untuk menentukan topik atau ide.

Anda bisa mendapatkan keyword dari mana saja. Biasanya saya serampangan saja mencari keyword. Seperti ketika saya menulis artikel ini, saya hanya melakukan riset menggunakan keywords everyday setidaknya untuk mencari keyword apa sih yang banyak dicari. Dengan asumsi, jika keyword tersebut banyak dicari, maka informasi mengenai keyword tersebut banyak orang ingin tahu.

  1. Membuat Content Plan

Nah ini yang sangat penting. Bisa satu keyword dijadikan belasan atau bahkan puluhan artikel. Saya sering mendapatkan order artikel seperti ini, entah itu untuk artikel blog utama atau untuk backlink. Jadi, client memberikan satu keyword untuk dijadikan beberapa artikel yang beda satu sama lain.

Untuk mempermudah proses pembuatan artikel yang beda dengan hanya menggunakan satu keyword, saya menggunakan Content Plan seperti gambar di bawah ini.

Jadi, sebelum saya mulai membuat artikel yang jumlahnya banyak, saya harus membuat content plan dulu. Kenapa? Karena jika tanpa membuat content plan terlebih dahulu, kita bisa kehilangan ide menulis di tengah jalan. Beda jika kita sudah buat content plan. Kita tahu artikel nomor 1 dan seterusnya membahas tentang apa. Jadi, meskipun hanya menggunakan satu keyword, topiknya bisa beda-beda dan akhirnya artikel satu dengan lain unik, tidak ada yang sama.

Dan yang lebih penting lagi, ketika Anda sudah membuat content plan, Anda bisa membuat internal link, yaitu link yang berkaitan karena satu artikel dengan yang lain memiliki kesinambungan. Ini bagus untuk SEO, katanya.

  1. Mulai Menulis

Setelah membuat content plan, langsung saja eksekusi. Tapi, cara mengeksekusi juga ada tekniknya.

  • Buat Judul
  • Buat subjudul 2 atau lebih, sesuai dengan berapa jumlah kata dalam artikel yang diinginkan.

Membuat subjudul akan mempermudah Anda dalam mengatur alur menulis artikel. Jadi, ide yang Anda sampaikan di artikel tidak loncat-loncat. Subjudul ini sangat membantu mengatur alur artikel.

Nah, silakan Anda coba cara menulis artikel untuk blog yang selama ini saya terapkan. Kalaupun cocok untuk Anda, ya Alhamdulillah. Atau Anda bisa menyempurnakan teknik tersebut, itu jauh lebih baik.

Hal Non Teknis

Ada juga lho hal non teknis yang juga bisa mempengaruhi Anda ketika ingin menulis blog. Yaitu suasana. Maka dari itu, saya sangat menyarankan untuk berganti suasana. Jangan hanya menulis artikel di rumah saja. Mentang-mentang blogger dan bisa kerja di rumah, Anda terus bekerja dari rumah.

Sesekali cari suasana baru. Biasanya, saya ke perpustakaan daerah ketika merasa bosan bekerja di rumah. Apalagi di perpustakan daerah di Kota Wonosobo sangat representatif. Ada Wifi yang lumayan kencang dan juga ruangan yang super duper nyaman.

ide menulis untuk blog

Anda juga bisa coba ke kafe atau coffee shop. Biasanya ini saya lakukan ketika suntuk tidak ada ide menulis atau sedang malas tidak ada mood menulis padalah orderan dari client banyak. Saya malam-malam nongkrong di kafe sambil nyicil pekerjaan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Komen dari Anda sangat saya harapkan.

Keep blogging. Keep sharing


Teguh Riyanto

Tinggal di kota dingin Wonosobo. Menulis menjadi kegiatan yang dilakukan setiap hari