Home / Latest News / Tidak Perlu Teknik Njlimet Untuk Bisa Menulis Artikel Blog Yang Bagus
Tidak Perlu Teknik Njlimet Untuk Bisa Menulis Artikel Blog Yang Bagus

Tidak Perlu Teknik Njlimet Untuk Bisa Menulis Artikel Blog Yang Bagus

Banyak sekali orang yang akhirnya menyerahkan urusan update blog kepada penyedia jasa penulis artikel seperti saya. Mereka punya alasan sendiri-sendiri. Ada yang mengaku tidak bisa menulis di mana menurut saya alasan ini paling tidak masuk akal. Bagaimana tidak bisa menulis wong chat WA saja bisa berjam-jam. Itu kan juga menulis.

Sebelum Anda marah, saya respon sendiri ya. Tentu saja beda antara nulis di chat WA dengan nulis artikel. Hehehhe

Ada juga yang beralasan tidak punya waktu untuk menulis. Kebanyakan yang mengatakan hal ini adalah mereka yang menjadikan blog atau website sebagai sumber penghasilan kedua atau sumber penghasilan tambahan. Mereka punya pekerjaan utama seperti menjadi karyawan atau menjadi pegawai. Dan mereka ingin mendapatkan tambahan uang dari blog. Makanya, mereka tidak punya waktu untuk menulis dan akhirnya menyerahkan urusan update blog kepada jasa penulis artikel.

Namun, dari beberapa alasan tersebut, ada satu alasan yang membuat saya kepingin sekali nabok pakai sandal jepit. Yaitu alasan sudah punya earning hingga puluhan juta. Ngapain update sendiri kalau investasi misalnya saja 1 juta sudah dapat 50-60 artikel. Jadi, mereka punya waktu untuk bersenang-senang dan jalan-jalan. Jasa penulis yang mereka tunjuk bekerja dan setelah artikel sudah siap, blog bisa diupdate. Earning jalan terus. Kurang ajar yang ini.

Tapi, Anda seharusnya juga punya alasan yang terakhir ini. Jadi, Anda sudah punya blog yang menghasilkan puluhan juga rupiah sehingga Anda tidak perlu menulis konten sendiri. Serahkan saja pada jasa penulis artikel. Cukup beberapa uang dan blog akan selalu diupdate dengan konten yang fresh yang ditulis oleh penulis artikel.

 

Sayangnya, ada kelemahan jika menyerahkan urusan penulisan kepada jasa penulisan artikel. Salah satu kelemahannya, bisa saja artikel yang Anda pesan tidak berkualitas atau tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Dan jujur, ini yang sangat saya khawatirkan.

Maka dari itu, sebagai penyedia jasa penulisan artikel atau jasa content writer, saya selalu bawel di awal, terutama dengan client yang baru pertama kali order ke saya. Saya akan mengajukan banyak sekali pertanyaan seperti penggunaan kata ganti orang, tone yang digunakan apakah formal atau non formal, apakah harus ada call to action atau copywriting, dan masing-masing.

Dan yang pasti, saya selalu tanyakan tujuan artikel tersebut. Jika untuk jualan, tentu saja harus ada soft selling. Beda dengan artikel untuk adsense. Sebisa mungkin artikel harus informatif dan compact atau padat isinya, tidak berbelit-belit.

Meskipun demikian, ada satu lagi kelemahan yang sampai sekarang saya belum bisa atasi. Yaitu membuat artikel dengan karakteristik masing-masing blog atau website. Dan ini yang sebenarnya saya ingin bicarakan di artikel.

 

Blog Harus Punya Ciri

Salah satu situs yang hampir setiap hari saya buka adalah mojok.co. Kenapa? Karena artikel di situs ini memiliki ciri yang unik. Kontennya serius tapi disajikan dengan cara yang santai.

Anda bisa lihat blog ini memiliki ciri khusus, yaitu artikel dengan gaya bahasa santai tapi berisi padat dan informatif.

Nah, saya membayangkan saya bisa membuatkan artikel dengan ciri masing-masing blog miliki client. Jadi, misalkan saja Anda punya blog tentang kesehatan remaja di mana blog tersebut menyajikan artikel yang sangat santai, jauh dari kesan formal. Ada kalanya bahasa yang digunakan adalah bahasa gaul.

Bisakah saya membuat artikel seperti itu? Sulit tapi harusnya bisa.

Makanya, saya kok memprediksi akan banyak orang yang tidak lagi mau order artikel ke jasa penulisan artikel, termasuk ke Jateng Content Writer suatu saat nanti. Kenapa? Saya membanyangkan semua blogger itu ingin menyajikan konten artikel yang “mereka” banget. Misalnya saja, di blog Jateng Content Writer ini, saya tidak mau artikel ditulis oleh orang yang gaya penulisannya “nggak gue banget”. Makanya, mau tidak mau, saya sendiri yang menulis artikel untuk blog ini.

Jika ini benar-benar terjadi, saya harus siap-siap cari pekerjaan lain dong. Hehehehe

 

Bagus Ini Apa Kata Pandji

Anda tahu Pandji Pragiwaksono? Jujur, dalam beberapa hal, saya tidak sepakat dengan dia. Tapi, sebagai seorang komika (yang menurut saya sendiri ia juga adalah seorang content creator), ia bisa membuat sebuah konten yang disampaikan melalui standup comedy yang begitu menarik. Ia punya ciri khas. Padahal, sering kali tema yang ia bahas saat standup itu biasa-biasa saja. Namun, ia menggunakan logikanya untuk menjelaskan tema tersebut dengan sudut pandang yang berbeda.

Nah ini yang menjadi sangat penting.

Makanya, saya pernah membuat tulisan bagaimana cara membuat artikel yang unik. Dan intinya adalah Anda harus temukan perspektif atau sudut pandang yang berbeda agar konten yang mungkin juga ditulis oleh jutaan blogger lainnya menjadi benar-benar beda dan unik. Silakan Anda baca di sini.

Kita kembali ke Pandji.

Satu hal yang selalu saya ingat dari Pandji. Ia pernah mengatakan di dalam dunia informasi digital, orang harus bisa beda jika ingin sukses. Dan kata kuncinya (ini juga perlu Anda ingat), menjadi beda. Ia mengatakan, sedikit lebih beda itu jauh lebih baik daripada sedikit lebih baik.

Tahu maksudnya?

Begini contohnya. Anda cek saja di Google dan masukkan keyword apa saja. Misalkan saja cara menulis artikel blog. Akan muncul beberapa situs yang menjelaskan tentang tema tersebut. Anda bisa coba buka beberapa situs tersebut. Dan kemungkinan isinya hampir sama.

Coba juga untuk memasukkan keyword lain misalkan saja cara mengatasi diabetes, cara mendapatkan uang dari internet, dan lain sebagainya. Sangat mungkin situs-situs yang ada di halaman pertama Google itu menjelaskan hal yang sama.

Itulah mengapa orang tidak merasa notice dengan hal-hal yang mirip tersebut meskipun setiap situs itu sedikit lebih baik dari beberapa situs yang lain.

Maka dari itu, benar apa yang dikatakan oleh Pandji. Mojok.co merupakan situs yang mempublikasikan artikel analisa politik atau kolom namun beda dengan situs sejenisnya. Mojok sedikit beda dengan situs lainnya. Dan ini yang menurut saya faktor yang membuat Mojok sukses.

 

Apa Yang Bisa Saya Pelajari

Anda bisa saja membuat kesimpulan yang beda dengan saya. Artinya Anda tidak sependapat.

Bagi saya, membuat blog yang sedikit lebih beda itu sangat penting jika Anda ingin membuat blog yang disukai oleh banyak orang. Dan cara yang bisa membuat blog sedikit lebih beda adalah dengan menentukan ciri khas konten atau artikel yang Anda publish di blog tersebut.

Gunakan bahasa Anda sendiri yang sekiranya bisa diterima oleh para pembaca blog Anda. Ini kesimpulan saya.

Maka dari itu, jika Anda ingin memiliki blog yang betul-betul memiliki ciri khas, Anda harus menulis artikel sendiri, bukan menyerahkan update artikel kepada penyedia jasa penulisan artikel seperti saya.

Namun, jika tetap saja ada alasan, seperti tidak bisa menulis artikel, tidak punya waktu untuk menulis artikel, atau punya banyak uang untuk membeli ratusan artikel sekalipun, ya silakan saja Anda pesan artikel ke jasa penulisan artikel.

Akan tetapi, pastikan Anda yang menentukan seperti apa artikel yang Anda pesan. Makanya, saya selalu tanya kepada client seperti apa artikel yang mereka inginkan, apakah formal, nono formal, penggunaan kata ganti orang seperti apa, bagaimana dengan copywriting, dan lain sebagainya.

Sering kali juga saya menyarankan untuk order 1-2 artikel dulu. Dari satu atau dua artikel tersebut, mereka bisa review. Saya minta feedback. Jika artikel sudah sesuai, saya silakan untuk order banyak artikel karena saya memberikan diskon 10% untuk setiap pemesanan 30 artikel.

Yang pasti, jelaskan kepada penulis artikel tentang artikel yang ingin Anda pesan. Buat blog yang punya konten yang unik dan berciri khas.

Ingat apa kata Pandji. Sedikit lebih beda itu lebih baik daripada sedikit lebih baik.

About admin

Scroll To Top