Tidak banyak. Tapi ada lah beberapa orang yang melamar ingin menjadi freelance content writer atau penulis freelance di Jateng Content Writer. Saya tidak tahu dari mana. Kok bisa-bisanya ada yang mengirimkan lamaran.

Karena saya selama ini tidak merasa pernah membuka lowongan penulis. Bukan karena tidak mau menerima penulis baru. Tapi ada alasan yang sebenarnya tidak bisa saya ungkapkan.

Karena tidak sedang mencari penulis, mereka yang melamar pun saya arahkan untuk melamar di tempat jasa penulisan artikel lainnya. Beberapa teman yang juga membuat jasa content writer saya tawari.

jasa penulis artikel

Syukur mereka hampir selalu terima. Akhirnya saya minta pelamar untuk menghubungi satu teman jasa penulis artikel agar pelamar tersebut mencoba untuk melamar di tempat teman saya tersebut.

Apakah diterima? Tentu saja saya tidak tahu. Setiap penyedia jasa penulis artikel pasti akan melakukan tes atau seleksi. Namun, setidaknya orang yang melamar di Jateng Content Writer tidak kecewa. Ada jasa penulisan artikel yang kemungkinan mau menerimanya.

Dan kalaupun tidak diterima, ada alternatif lain. Kan ada tempat untuk mencari uang dengan cara menjadi penulis artikel freelance. Semacam marketplace bagi para penulis artikel online. Misalnya saja yang paling terkenal Sribulancer.

Atau kalau yang suka menulis Bahasa Inggris, ada marketplace bernama UPWORK. Ini tempatnya freelancer seluruh dunia. Bukan hanya penulis freelance tapi juga hampir semua jenis pekerjaan lainnya seperti desainer, website developer, web designer, dan pekerjaan lain yang bisa dikerjakan secara remote.

Hanya saja, bagi pemula harus tahan banting. Terjun di marketplace semacam itu tidaklah mudah. Karena otomatis ada banyak kompetitor yang lebih berpengalaman. Sehingga client akan lebih memilih yang sudah berpengalaman dong.

Jujur, saya sendiri belum pernah ikut cari kerjaan di marketplace tersebut. Pernah coba tapi nggak niat banget buat dapat kerjaan dari sana.

Nah, bagi teman-teman yang mau mencoba untuk menjadi freelance penulis artikel online, saya punya pengalaman yang ingin saya bagi. Barangkali saja pengalaman ini bisa membuat Anda menemukan cara agar lebih mudah mendapatkan uang sebagai penulis artikel atau content writer.

Menjadi Penulis Freelance Jasa Lain

Saya mulai menjadi content writer sejak tahun 2011. Pada waktu itu, saya melanjutkan study di salah satu universitas di Jawa Tengah. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, saya menjadi penulis blog.

Waktu itu, saya menjadi penulis sebuah jasa penulisan artikel. Bagi saya, dunia penulisan blog sangat asing. Bahkan, pada waktu itu, saya tidak percaya tulisan satu lembar bisa dihargai dengan uang.

Memang tidak banyak. Namun, setidaknya uang yang saya dapatkan dari menjadi penulis artikel online bisa saya pakai untuk bertahan hidup. Sembari menyelesaikan study.

Tidak lama saya menjadi penulis sebuah jasa penulisan. Pada suatu ketika, penyedia jasa tersebut hilang. Saya tidak tahu kenapa. Tapi pada waktu itu ia mengatakan melalui chat Yahoo (dulu belum ada WA. Komunikasi masih menggunakan Chat Yahoo) ia punya masalah. Kalau tidak salah orangtuanya sakit.

Singkat cerita, akhirnya saya tidak lagi menulis.

Timbul keinginan untuk membuat jasa content writer sendiri. Karena kepepet, tidak punya pekerjaan, akhirnya saja beranikan diri untuk membuka jasa penulisan artikel sendiri.

Bikin Jateng Content Writer

Akhirnya, saya buat blog dengan nama Jateng Content Writer. Pada waktu itu, blognya belum berbayar. Masih blogspot. Dan saya masih ingat. Client pertama saya adalah kakak kelas saya yang dulu pernah satu kampus. Namanya Mas Lukman Hakim.

client pertama jasa penulisan artikel

Melalui Mas Lukman juga, saya belajar sedikit banyak tentang blogging. Saya mengisi blog-blognya mas Lukman. Pada waktu itu semua blognya berbahasa Inggris.

Kemudian, client semakin bertambah. Sampai suatu saat saya kenal dengan mas Hermawan Anderu. Mas Andaru (CEO bosku.id) yang membelikan domain www.jatengcontentwriter.com dan juga membuatkan website Jateng Content Writer.

Gratis? Ya gratis. Namun, dengan syarat. Saya mensuplai artikel kalau tidak salah hingga 2 bulan. Namun, tidak rutin sih. Namun, Mas Anderu tidak mempermasalahkan (sepertinya hehehehe)

hermawan anderu CEO bosku.id

Mas Andaru mengenalkan saya pada Mas Syamsul Alam. Pada waktu itu, Mas Alam sedang mencari content writer. Akhirnya, saya kontak mas Alam. Beberapa project penulisan artikel SEO saya kerjakan. Hingga Mas Alam mereview blog Jateng Content Writer milik saya.

Dan keajaiban terjadi. Sekali di review, blog JCW (Jateng Content Writer) naik ke halaman satu. Facebook saya pun disinvite banyak orang. Mereka para Internet Marketers.

syamsul alam

Tiga orang luar biasa tersebut tidak akan saya lupakan jasa-jasanya. Mas Lukman, Mas Hermawan Andaru, dan Mas Syamsul Alam.

Sebenarnya, ada beberapa cerita lagi di sana. Namun, biar tidak terlalu banyak cerita tentang saya, sampai di sini saja.

Karena Anda kan tidak lagi mencari tahu cerita pribadi saya kan? Anda ingin tahu bagaimana tips menjadi freelance penulis artikel online.

Nah, dari cerita perjalanan saya tersebut, saya bisa membuat kesimpulan atau semacam tips yang mungkin bisa Anda coba terapkan.

1.Belajar Sambil Bekerja

Jangan terlalu banyak belajar bagaimana cara menulis artikel SEO dan lain sebagainya. Cari saja penyedia jasa penulis freelance.

Jika tidak ada yang terima, tawarkan diri kepada blogger untuk mengisi konten blog mereka secara gratis. Mintalah review. Jika tulisan Anda bagus, blogger tersebut mungkin akan mau memberikan sepeser uang. Atau setidaknya blogger tersebut akan merekomendasikan blogger lain untuk order artikel ke Anda.

2. Buat Jasa Penulisan Artikel Sendiri

Jika sudah punya pengalaman dan sedikit koneksi, langsung hajar saja. Buat jasa content writer atau jasa penulisan artikel sendiri. Buat blog sederhana dulu. Tidak perlu blog yang berbayar jika belum ada modal.

3. Silaturahmi Online

Silaturahmi bisa Anda lakukan secara online. Artinya, Anda berkenalan dengan orang-orang yang berbisnis online. Terutama para Internet Marketer.

Bangun pertemanan di media sosial. Jika ada teman di medsos yang rumahnya tidak begitu jauh, sambangi.

4. Promosi Sekali-Kali

Tidak perlu Anda melakukan promosi jasa penulis artikel di medsos secara masif. Biarkan secara natural saja. Anda posting hal-hal positif di medsos. Sesekali bisa Anda buat postingan yang soft tapi menjual.

5. Minta Review

Sekali Anda dapat client, mintalah untuk membuat review. Jika perlu, berikan layanan lebih agar blog Anda di review dari blog para client. Karena satu review dari satu blog, maka blog Anda akan naik. Apalagi ada puluhan blog yang mereview blog jasa penulisan artikel Anda. Akan luar biasa saja. Blog Anda akan lebih cepat nangkring di halaman satu.

Namun, bukan itu intinya. Dengan mendapatkan review, Anda akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari calon customer yang baru. Itu intinya.

Setidaknya 5 tips tersebut yang bisa saya simpulkan dari perjalanan saya menjadi penulis freelance.Jika Anda merasa tips tersebut perlu Anda terapkan, silakan coba saja. Yang pasti, tidak ada jalan pintas. Butuh proses. Dan di dalam proses, Anda harus sabar dan tawakkal.

Di artikel saya yang lain, Anda bisa baca-baca mengenai bagaimana menulis artikel, mulai dari cara mendapatkan ide artikel dan lain sebagainya. Silakan eksplor sendiri. Semoga waktu yang Anda sediakan untuk membaca tulisan ini tidak sia-sia. Dan Anda mendapatkan manfaat dari membaca tulisan sederhana ini.

Semoga Allah memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan rejeki yang berkah. Amin ya Rabbal Alamin.


Teguh Riyanto

Tinggal di kota dingin Wonosobo. Menulis menjadi kegiatan yang dilakukan setiap hari